Jumat, 07 Desember 2012

Cara Mengatur Thumbnail Video Youtube Sesuai Keinginan Kita

OPINI | 17 November 2011 | 17:55 Dibaca: 298   Komentar: 1   Nihil
Buat kamu yang suka aplot video di Youtube mungkin sering mengeluh dengan fasilitas thumbnail-nya yang terbatas. Sampai saat ini, kalo kita ngaplot, kita cuma dikasih 3 pilihan thumbnail saja. Ini kurang memuaskan karena kadang thumbnail-thumbnail itu bukan mewakili momen-momen terbaik yang ada dalam video yang kita aplot (mending nulis ‘aplot’ daripada ‘unggah’. Saya benci kata ‘unggah’ seperti saya membenci istilah “Anjungan Tunai Mandiri’)
Nah, masalahnya yang muncul kemudian adalah, kayaknya masih banyak yang kurang ngerti apa itu thumbnail. Padahal tiap kali main ke Youtube hal pertama yang dilihat pasti thumbnail. Thumbnail itu yang kayak gini:
thumbnail facebook
Nah, sudah jelas kan thumbnail itu apa? Sori yah kalo gambar di atas kurang rapi. Bagi para pembaca setia Elvin Miradi yang sudah sering main tentu saja sudah maklum dengan kehancurleburan gambar goresan tangan saya sudah sering ‘menghiasi’ blog ini .
Harus saya akui saya memang kurang mahir dalam menggambar. Tidak percaya? Mau bukti?
Lihat ini!
gambar kucing
Beginilah hasilnya tiap kali saya menggambar kucing. Sejak awal tahun 80-an sampai sekarang gayanya si kucing selalu begitu. Puluhan tahun berlalu dan saya nda mengalami kemajuan apa-apa dalam hal menggambar kucing. Dan yang lebih menyedihkan lagi, pose ini juga berlaku tiap kali saya menggambar sapi, kerbau, bahkan macan sekalipun! Tinggal ganti kepalanya saja… Payah!
Btw, tadi kita sedang ngobrol soal apa yah?
Oh iya, thumbnail Youtube! Oke mari kita lanjut.
Untuk memasang thumbnail sesuai keinginan kamu, kamu harus menjadi Youtube Partner lebih dulu. Youtube Partner itu sejenis keanggotaan istimewa di Youtube dimana kamu bakal dapat banyak fasilitas lebih dibanding member biasa. Tapi berhubung untuk menjadi Youtube Partner bukan perkara mudah (banyak syaratnya), makanya saya tidak tertarik untuk membahasnya di sini. Untuk kamu yang tertarik menjadi Youtube Partner silakan baca di sini.
Nah, sekarang mari kita membahas bagaimana caranya memilih thumbnail video kita sesuai kehendak hati. Tanpa menjadi Youtube Partner, kita cuma dikasih tiga pilihan thumbnail acak. Di sinilah kuncinya!
Ketiga thumbnail itu tidak benar-benar ditampilkan secara acak. Mereka ditampilkan berdasarkan waktu. Masing-masing thumbnail itu diambil dari tiap 1/3 bagian video kamu. Jadi misalnya video kamu berdurasi 1 menit 40 detik, maka pilihan thumbnail akan diambil dari gambar video di sekitar detik ke-25, detik ke- 50 dan detik ke-75. Dengan kata lain, diambil secara persentasi berdasarkan durasi video kamu dengan persentase 25%, 50% dan 75%. Karena durasi tiap video berbeda-beda, jadi kamu sebaiknya menghtung secar teliti. Sekalian ajang untuk melatih otak kamu yang semakin beku dimakan usia.
Jadi intinya terletak pada tahap editing video. Ketika mengedit, pastikan di tiap 1/3 bagian video itu kamu menempatkan adegan yang mengandung frame yang kamu inginkan menjadi thumbnail. Cara ini agak ribet karena kamu terpaksa bermain-main dengan isi video yang seringkali sudah tidak fleksibel lagi untuk dipotong-potong (misalnya video presentasi, pidato, video klip, dll). Nah untuk mengakali hal ini, kebanyakan orang menggunakan file gambar.
Ini cara yang paling banyak dilakukan orang. Jadi ketika mengedit videonya, mereka memasukkan gambar yang ingin mereka jadikan thumbnail di 1/3 bagian video mereka. Hasilnya, gambar itu akan muncul sebagai salah satu alternatif thumbnail yang ditawarkan Youtube. Tapi cara ini seringkali disalahgunakan orang dengan memasang thumbnail yang nda nyambung dengan isi videonya. Misalnya dalam sebuah videonya yang ngomong itu Pak Subroto yang mau jualan kolor di Youtube tapi thumbnailnya gambar Aura Kasih sedang basah-basahan kena air mancur. Ini tidak dibolehkan oleh Youtube. Tapi selama gambar yang kamu tampilkan sebagai thumbnail cukup relevan dengan isi keseluruhan video kamu, maka nda ada masalah.
Jadi, next time kamu mengaplot file video ke Youtube, kamu bisa mencoba trik ini. Selain untuk membuat thumbnail kamu terlihat lebih relevan, trik ini juga bisa meningkatkan jumlah view kamu karena thumbnail yang menarik adalah daya pikat terbesar bagi kebanyakan orang untuk mengklik sebuah file video di Youtube.
Selamat mencoba!
Catatan: Kalo kamu nda mencoba, perbanyaklah berdoa supaya turun keajaiban yang otomatis mengubah thumbnail video kamu menjadi lebih menarik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar